Tujuh trik untuk mengosongkan ruang di ponsel Android Anda

Anda mungkin pernah menghadapi situasi ini. Anda telah mengunduh aplikasi, atau Anda sedang merekam video dengan ponsel Anda, kemudian muncul pesan peringatan yang memberitahukan bahwa tidak ada ruang yang tersedia di memori ponsel ; atau ruang tersebut akan segera habis. Apakah Anda ingin menyelesaikan masalah ini?

Meski menjadi kurang umum, jauh dari ponsel Android pertama ( juga terjadi di iOS ), masih bisa terjadi. Sebuah gejala dari terus menggunakan telepon dan semua “sampah” dan file yang tidak perlu yang kami kumpulkan. Itulah mengapa ada baiknya, secara berkala, kami mengosongkan ruang di ponsel , untuk itu kami dapat mengikuti beberapa langkah yang sangat mudah diakses.

Menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan

Kita mulai dengan langkah nyata yang tidak lain adalah menghapus aplikasi-aplikasi yang telah kita instal di beberapa titik dan yang tidak lagi kita perlukan atau telah berhenti digunakan. Mereka menempati ruang berharga dalam memori telepon kami dan kami dapat menghilangkannya di menu “Pengaturan”, dan di bagian “Aplikasi”, klik yang ingin kami “Copot”.

Pilihan lainnya adalah melakukannya dari Google Play , di mana langkahnya kita harus membuka aplikasi Play Store dan, setelah masuk, klik pada avatar yang muncul di area kanan atas layar.

Kami mencari opsi “Kelola aplikasi dan perangkat” , tekan dan itu akan membawa kami ke layar untuk mengelola aplikasi yang dibeli, diinstal, atau yang diinstal di beberapa titik.

Klik pada opsi yang menunjukkan kepada kita “GB digunakan” untuk mengetahui aplikasi apa yang saat ini ada di ponsel, persentase penyimpanan yang ditempati oleh aplikasi, dan jumlah ruang kosong dalam GB. Di sana kita dapat memilih aplikasi yang ingin kita hapus sekaligus. Ini akan menunjukkan kepada kita ruang yang akan dibebaskan setelah mencopot pemasangan.

Menghapus data dan cache

Jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi karena “berjaga-jaga” yang terkenal, Anda selalu dapat memilih dua solusi perantara, juga dari menu “Aplikasi”. Saat memasuki aplikasi yang diinginkan, kita dapat menghapus data atau menghapus cache yang sibuk.

Dengan opsi pertama kami meninggalkan aplikasi seolah-olah kami baru saja menginstalnya , menghapus data, akun, game, dll; sedangkan dengan penghapusan cache yang akan kita lakukan adalah memusnahkan data-data yang telah disimpan aplikasi sejak pertama kali digunakan guna mempercepat dan meningkatkan pengoperasiannya.

Dalam hal ini, perlu dicatat bahwa, jika itu adalah aplikasi yang biasa digunakan, memori cache ini tidak akan membutuhkan waktu lama untuk terisi kembali . Yang juga benar adalah bahwa di antara kedua opsi tersebut, kita dapat menghemat beberapa megabita.

Periksa folder unduhan

Sama seperti di PC, di Android kita akhirnya mengumpulkan folder “Unduhan” yang bisa sangat besar . Jika kita mengunduh konten secara teratur, dan jika itu adalah file multimedia, folder ini bisa sangat besar.

Itulah mengapa tidak ada salahnya untuk membuka folder tersebut menggunakan file explorer yang relevan di ponsel Anda (di setiap merek dapat menerima nama yang berbeda). Ini tentang mencari folder “Unduhan” atau “Unduhan” dan menghapus semua file yang telah menumpuk dan tidak lagi diperlukan.

WhatsApp sangat rakus

Dan erat kaitannya dengan unduhan, ada juga file yang dikirim dan diterima oleh WhatsApp . Memperjelas bahwa selalu nyaman untuk memiliki cadangan , mengakhiri file WhatsApp yang tidak kita inginkan semudah pergi ke file explorer dan mencari folder “WhatsApp” .

Di dalamnya kita akan melihat tiga folder dan kita melihat apa yang disebut “Media” , di mana kita harus menekan untuk mengakses serangkaian folder dengan file yang telah kita kirim dan terima . Kami dapat menghapus semua file secara besar-besaran dari folder atau memilih yang tidak menarik bagi kami dan menghapusnya.

Sebagai peringatan, beberapa ponsel memiliki opsi tempat sampah di file explorer, sehingga konten dapat disimpan di sana saat dihapus dan tidak meninggalkan ruang kosong sampai kami mengosongkan tempat sampah.

Menggunakan File dari Google

Opsi bagus yang mempermudah pengoptimalan ruang adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga . Dan salah satu yang paling menarik adalah Google Files , sebuah alat yang dapat kita unduh secara gratis dari Google Play Store.

Google Files: Kosongkan ruang di ponsel Anda

Di antara opsi “File” kami menemukan bagaimana aplikasi itu sendiri memberi tahu kami bahwa kami memiliki serangkaian file tidak berguna yang memenuhi syarat sebagai sampah dan yang dapat kami hapus dengan menekan sebuah tombol. Ini juga memungkinkan kita untuk dengan mudah menghapus file duplikat dan aplikasi yang tidak kita gunakan.

Opsi lain yang ditawarkannya adalah menghapus salinan lokal foto yang telah dicadangkan di Google Foto (yang dapat menghabiskan beberapa megabita tambahan) dan menghapus file duplikat: File bertanggung jawab untuk membandingkan ukuran dan tanggal file dengan menentukan dua file yang sama meskipun memiliki nama yang berbeda.

Sebagai pelengkap, ia menawarkan informasi untuk menghapus file dari WhatsApp, Telegram, dan aplikasi serupa lainnya; atau cari file terbesar di memori telepon, untuk menyelesaikannya dengan goresan pena.

Pindahkan aplikasi ke kartu memori

Formula lain untuk mendapatkan beberapa megabita ekstra adalah dengan memindahkan aplikasi dari memori internal ponsel ke kartu microSD , alternatif yang valid bagi mereka yang memiliki micro SD berkapasitas besar di ponsel mereka.

Langkah-langkahnya lagi sederhana: kita harus pergi ke menu “Pengaturan” untuk mengakses “Aplikasi” dan, di dalamnya, pilih yang ingin kita pindahkan ke kartu microSD ponsel.

Klik pada kategori Memory dan kita akan melihat layar baru dengan opsi “Memory in use” yang menginformasikan tentang penyimpanan tempat aplikasi diinstal.

Kecuali tidak semua aplikasi mengizinkannya (beberapa aplikasi dan game yang memiliki opsi pindah ke SD diblokir), kita hanya perlu menekan “Ubah” untuk beralih dari penyimpanan internal ke SD atau sebaliknya.

Ekstra: hapus aplikasi yang tidak dapat di-uninstall

Trik terakhir ini cukup rumit karena sangat mudah merusak pengoperasian telepon jika aplikasi sistem penting dihapus . Meski begitu, sangat berguna untuk menyingkirkan aplikasi yang tidak perlu yang dipasang oleh pabrikan, juga game yang tidak diperlukan dan juga tidak dapat dihapus.

Android memungkinkan Anda untuk menghapus paket semua aplikasi yang diinstal, baik yang diunduh oleh pengguna atau yang sudah diinstal sebelumnya oleh pabrikan. Anda harus mahir dalam ADB dan mengikuti proses yang cermat. Hal ini dijelaskan dalam tutorial berikut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.