Selamat tinggal Hangouts: tidak lagi tersedia di Google Play

Saatnya mengakhiri penderitaan Google Hangouts. Aplikasi ini mengalami penurunan sejak 2016, ketika Google mengumumkan dua aplikasi perpesanan baru: Allo dan Duo . Akhir dari Hangouts ditetapkan pada tahun 2017, namun aplikasi tersebut enggan untuk mati. Saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir, setelah Google menghapus Hangouts dari Google Play .

Google Hangouts tidak lagi dapat diunduh dari Google Play , baik oleh pengguna baru maupun oleh pengguna yang sudah memilikinya. Pengguna baru bahkan tidak akan dapat melihat cantuman aplikasi di Google store . Semoga tenang di alam sana.

Selamat tinggal Hangouts

Google telah membuat kami pusing dengan aplikasi perpesanannya sejak awal Android, dan yang terpenting adalah Hangouts. Hangouts selama bertahun-tahun adalah aplikasi perpesanan yang terkait dengan Android, sampai suatu saat di tahun 2016 masa depannya mulai goyah setelah peluncuran aplikasi perpesanan Google yang kesekian kalinya.

Hangouts telah koma selama hampir lima tahun, namun aplikasi tersebut menolak untuk mati. Google telah mencoba segalanya untuk membuat kita melupakan Hangouts, mulai dari membuat semakin banyak aplikasi serupa hingga menyiapkan transisi dan menyertakan pemberitahuan tentang penutupannya yang akan segera terjadi , tetapi aplikasi tersebut masih berfungsi dan masih tersedia untuk diunduh. Hingga saat ini, tidak dapat lagi diunduh dari Google Play .

Kabar baiknya adalah jika Anda adalah bagian dari perlawanan, Hangouts masih berfungsi jika Anda menginstalnya atau menginstalnya dari APK-nya , meskipun sebagai imbalannya Anda akan menerima banyak jendela yang mengundang Anda untuk beralih ke Google Chat di Gmail atau aplikasi Hangouts mandiri. GoogleChat. Selain itu, Hangouts terus berfungsi dari versi webnya.

Pemberitahuan penonaktifan yang akan segera terjadi ini diharapkan nantinya akan berubah menjadi penonaktifan aplikasi secara langsung , serupa dengan penonaktifan lama lainnya yang telah diatur oleh Google, seperti Google Play Musik.

Hangouts akan selalu hidup di hati kita sebagai taruhan perpesanan paling serius Google , dan mungkin satu-satunya kesempatan yang dimiliki untuk melawan orang-orang besar seperti WhatsApp atau iMessage. Sejarah Hangouts panjang dan sangat, sangat membingungkan, tetapi sebagai penghargaan terakhir, berikut adalah garis waktu dari peristiwa terpentingnya:

  • 2008: Google Talk diluncurkan bersama Android sebagai aplikasi perpesanan yang sudah terpasang sebelumnya.
  • 2011: Google Talk menambahkan dukungan untuk panggilan video di Android 2.3.4.
  • 2011: Google+ hadir , dengan aplikasi perpesanan sendiri, Messenger dan Hangouts .
  • 2012: Google membersihkan dan menggabungkan Google Talk, Messenger, dan Hangouts (Google Talk untuk Windows terus berfungsi hingga 2015 ).
  • 2013: Hangouts dipostulatkan sebagai aplikasi perpesanan definitif dengan juga menambahkan SMS
  • 2014: Google mulai menghapus jejak Google+ dari Hangouts: profil tidak lagi tertaut ke akun di jejaring sosial ini. Selain itu, Hangouts terintegrasi dengan Google Voice dan aplikasi diteruskan ke Desain Material .
  • 2014: Google meluncurkan Google Messages.
  • 2015: Hangouts mulai kehilangan fungsi SMS, meskipun tidak akan selesai sampai dua tahun kemudian.
  • 2016: Google meluncurkan Allo dan Duo, tetapi memastikan bahwa Allo tidak menggantikan, tetapi berdampingan dengan Hangouts. Hangouts bukan lagi aplikasi pra-instal di Android versi baru.
  • 2017: Hangouts diperbarui dengan fitur baru seperti emotes baru . Sebelum rumor tersebut, Google memastikan bahwa Hangouts untuk konsumen tidak akan hilang.
  • 2018: Google meluncurkan dua aplikasi perpesanan baru, awalnya untuk perusahaan. Hangouts Chat dan Hangouts Meet . Namun, Google akan memigrasikan pengguna dari Hangouts ke Chat dan Meet (meskipun mereka bukan perusahaan).
  • 2018: Google menyerah pada Allo. Sebaliknya ia lebih memilih standar RCS yang akan hidup di Google Messages.
  • 2020: Google memikirkannya lebih baik dan memutuskan untuk menjadikan Google Chat gratis dan juga cocok untuk pengguna biasa.
  • 2021: Pemberitahuan dimulai di aplikasi Hangouts untuk mengundang pengguna menggunakan Google Chat.
  • 2022: Hangouts dihapus dari Google Play.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *